Inilah Profil Gus Syafiin Calon Bupati Jombang Dari PDI Perjuangan

JOMBANG-Kisah kehidupan Gus Syafi’in dimulai ketika beliau dilahirkan di Dusun Klagen, Desa Darurejo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, tahun 1962. Beliau lahir dari keluarga petani yang sangat sederhana, pasangan H. Kaslan dan Hj. Nafsiah (Alm). Sampai saat ini, rumah di Dusun Klagen itu masih dihuni oleh sang ayah dan adik kandung Gus Syafi’in yang ragil, Nur Kholiq.

Gus Syaf adalah anak kedua dari lima bersaudara yang kesemuanya laki-laki (pandawa). Saudara-saudara beliau adalah AKBP H. Sulchan (Purn.) yang merupakan sang kakak. Kemudian ada adik-adiknya, yakni Kompol Moh Mahmud yang saat ini menjabat Kapolsek Benowo, Kompol Syamsul yang saat ini menjabat Kabag Ops Polres Madiun, dan sang ragil Nur Kholiq saat ini sebagai wakil Kepala Sekolah di SMPN Plandaan.

Sementara Gus Syaf sendiri juga merupakan Purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Komisari Besar Polisi (Kombespol). Sebagai putra asli Jombang, Gus Syaf merupakan keluarga besar Mursyid Thoriqot Shiddiqiyyah, KH. Muchtar Mu’thi, melalui jalur Bani Syuhada.

Karir beliau dimulai di Departemen Pertahanan sejak 1995-1997 sebagai Pembantu Subbag TK.II Min dan 1999-2000 sebagai Kaprinkop Dirjen Matfasjaya. Kemudian berlanjut ke Sekretariat Militer (Setmil) Presiden selama 17 tahun, mulai 2000-2017, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Militer Presiden. Selama berkantor di lingkungan Istana Presiden inilah Gus Syaf melayani dan dekat dengan 4 Presiden, termasuk Ketua Umum PDIP, ibu Megawati Sukarno Putri. Keakraban Gus Syaf dengan elit nasional tidak diragukan lagi. Termasuk menemani mereka dalam perjalanan-perjalanan ke luar negeri.

Pada tahun 2018, tepatnya bulan Januari, Gus Syaf mengajukan pensiun dini dari anggota Polri meski masa pengabdiannya masih tersisa empat tahun. Langkah ini dilakukan lantaran beliau ingin pulang ke kampung halamannya sebagai putra daerah yang ingin mengabdikan diri kepada masyarakat Jombang, salah satunya melalui ajang Pilkada untuk dipilih menjadi Bupati.

Riwayat pendidikan:

–          SDN Jombang (1971-1977)

–          SMPN Jombang (1977-1980)

–          SGO Surabaya (1980-1983)

–          Strata Satu Univ. Borobudur, Jakarta (1990-1995)

–          Strata Dua Univ. Borobudur, Jakarta (2001-2003)

–          Strata Tiga Univ. Borobudur, Jakarta (2004-2007)

–          Strata Dua UGM Yogyakarta (2012-2015)

Hendro Suprasetyo, S.Pd
%d blogger menyukai ini: