Sholat Idul Fitri di Jombang, Gus Ipul sampaikan Dua Pesan Utama Hari Raya

Gus Ipul bersama keluarga saat menunaikan Sholat Idul Fitri di Jombang. Foto:dpcpdipjombang.com

JOMBANG-Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengikuti sholat Idul Fitri bersama keluarga di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, Jumat (15/6).

Ditemani istri dan tiga putranya, Gus Ipul yang mengenakan pakaian dan sarung putih tiba di masjid yang berada di sisi barat Alun-alun Jombang itu sekitar pukul 06.00 WIB.

Meski takmir mempersilakan wakil gubernur Jawa Timur non aktif itu untuk duduk di depan bersama para tokoh lainnya, namun Gus Ipul memilih menempati barisan sof di pelataran masjid bersama jemaah lainnya. Beralaskan koran, Gus Ipul khusyuk mendengarkan kutbah hari raya yang disampaikan Khotib.

Menurut Gus Ipul, ada dua pesan utama yang disampaikan oleh Khotib Idul Fitri kali ini, yakni pesan agar memasuki lebaran ini kita tetap menjaga semangat jihad Ramadhan dengan selalu menebar kebaikan dan melawan hawa nafsu.

“Bulan Ramadhan telah kita lalui, namun jihad melawan hawa nafsu dan menebar kebaikan harus terus kita jaga,” kata Gus Ipul usai menjalani ibadah Sholat Idul Fitri.

Selain itu, pesan kedua dalam kutbah kali ini adalah pesan sosial bagaimana kita telah diajarkan berbagi dengan zakat serta sedekah. Berzakat dan bersedekah sama artinya kita juga telah membantu mengatasi kemiskinan.

“Prinsip sedekah adalah bagaimana kita merasa kabeh Sedulur kabeh makmur. Itu yang harus kita jalankan terus khususnya setelah meninggalkan Ramadhan,” kata Gus Ipul.

Sementara itu, usai menjalani Shalat Idul Fitri, Gus Ipul juga langsung berbaur bersama para jemaah untuk mengikuti halal bihalal dengan bersalaman memutar bersama jemaah.

Gus Ipul sengaja mengikuti sholat Idul Fitri di Jombang karena sedang berada di rumah mertuanya untuk sungkem ke orang tua. Karenannya, usai sholat dirinya juga langsung kembali untuk sungkem memohon maaf pada orang tuanya.(hen)

Hendro Suprasetyo, S.Pd
%d blogger menyukai ini: